Lomba Penilaian Pemanfaatan Tanah Pekarangan ( PTP ) di Dusun Sedan RT 06 RW 04 Desa Kemlokolegi


 2020-03-10 |  Root

Penilaian lomba pemanfaatan tanah pekarangan (PTP) bertempat di Dusun Sedan RT 06 RW 04 Desa Kemlokolegi Kecamatan Baron. Selasa (10/03/2020)

Dusun Sedan RT 06 RW 04 Desa Kemlokolegi memiliki potensi pekarangan sebagai lahan produktif, Potensi pekarangan kini telah di maafaatkan masyarakat untuk menanam berbagai tanaman seperti, Sayur-sayuran, tanaman hias, tanaman Toga, dan ternak lele.

Penilaian berlangsung dilokasi oleh TIM dari Kabupaten Nganjuk yang diketuai oleh Ibu Wakil Bupati Nganjuk, Semua pekarangan diperiksa dan dinilai.

Acara ini dihadiri oleh Ibu Wakil Bupati Nganjuk, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Nganjuk, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, Camat Baron, Forpincam Baron, Babinsa, Babhinkamtibmas, Kepala Desa beserta Ibu Kepala Desa, RT/RW, PKK Desa Kemlokolegi, dan Perangkat Desa Kemlokolegi.

Dalam sanbutan Camat Baron Kasno, S.Sos, bahwa semua hasil dari pekarangan di manfaatkan untuk kebutuhan pangan setiap hari, Kelebihan dari hasilnya bisa di tukarkan dengan kebutuhan lain.

Selain sayuran juga tanaman obat keluarga (TOGA) dan juga di bidang perikanan yaitu pemberdayaan ikan lele disetiap perkarangan rumah yang luas. Dan juga Pemaanfatan Bank sayuran yang digunakan untuk penukarangan bahan dapur, Contoh. Bisa ditukar dengan Elpiji, Telor ayam, dll

Melalui pemanfatan tanah pekarangan dengan tanaman sayuran, buah- buahan maupun perikanan selain untuk ikut pula masyarakat menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengolah tanah pekarangan disamping untuk ditanami tanaman yang bermanfaat dan juga memudahkan sebagai perserapan air hujan, maka akan tercapai pula apa yang kita harapkan bersama yaitu pekaranganku hijau cukup panganku untuk menuju kecukupan panganku mewujudkan masyarakat sejahtera.

Antusiasme warga dalam mengikuti kegiatan PTP sangat tinggi. Bahkan sebelum dilaksanakan lomba warga sudah terbiasa dengan kegiatan kebersihan, ketertiban, keindahan  pekarangan masing-masing. Adanya lomba ini warga bertambah semangat.